feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

banyaknya pengunjung


View My Stats

kumpul blogger

lowongan

lowongan kerja

lowongan kerja

baca artikel dapet duit

readbud - get paid to read and rate articles

cash ptc

paid to surf

clock-pay

clockpay.net

donkey mails

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

fine-ptc

$10 per click

income-web

dapet dollar gratis

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

promoteburner

tegangan permukaan

Tegangan permukaan didefinisikan sebagai kerja yang dilakukan dalam memperluas permukaan cairan dengan satu satuan luas. Tegangan permukaan ini diakibatkan oleh adanya perbedaan gaya diantara partikel-partikel zat cair yang dipermukaan dan partikel-prtikel yang lebih dalam. Partikel-partikel zat cair dibagian dalam cairan akan mengalami gaya interaksi antar partikel kesegala arah dan mengalami kesetimbangan gaya. Partikel zat cair dipermukaan akan mengalami gaya tarik / interaksi kebawah yang lebih besar. Akibat gaya tarik yang lebih besar ini yang cenderung membuat partikel zat cair sekecil mungkin. Tegangan permukaan adalah gaya yang ada per cm permukaan zat cair yang akan melawan permukaan zat cair itu meluas. Satuan tegangan permukaan adalah gaya/cm dan dalam satuan c.g.s adalah dyne/cm.

Pengukuran tegangan permukaan:

1 Metoda pipa kapiler

Prinsipnya : Zat cair akan membasahi kaca, pada pipa kapiler dari kaca, permukaannya akan lebih tinggi dari permukaan diluar pipa kapiler, karena partikel zat cair yang menempel pada kaca bagian pipa kapiler akan tertarik keatas dan tegangan permukaan akan menarik seluruh permukaan zat cair keatas pula. Penarikan ini akan berhenti kalau gaya berat yang cenderung menarik massa zat cair ini kebawah tepat sama dengan gaya tarik keatas dari tegangan permukaan.

2 Metoda berat tetesan zat cair

Prinsipnya : Tetesan akan jatuh kalau tegangan permukaan zat cair mencapai harga sedijkit lebih kecil dari berat zat cair yang membentuk tetesan tersebut.

3. Metoda pembentukan gelembung gas dalam zat cair

Prinsipnya : Tekanan yang diperlukan untuk membentuk gelembung gas pada zat cair dipergunakan untuk melawan tegangan permukaan dari zat cair tersebut.





0 komentar:

Posting Komentar

Link Exchange

paypal

Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

negeri ads

lowongan kerja di rumah